Tips Perawatan & Pemulihan Ayam Aduan Setelah Berlaga

Discussion in 'Perawatan' started by JUARA303, Aug 2, 2017.

  1. JUARA303

    JUARA303 Member

    [​IMG]
    Tips Perawatan & Pemulihan Ayam Aduan Setelah Berlaga
    June 10, 2017 admin Berita Sabung Ayam


    Juara Sabung Ayam – Tips Perawatan & Pemulihan Ayam Aduan Setelah Berlaga. Setelah bertarung ayam aduan pasti mengalami banyak luka, baik itu luka luar ataupun luka dalam yang sulit diketahui.

    Untuk merawat luka dan memulihkan kembali stamina ayam aduan diperlukan penanganan yang teliti dan serius. Semua itu harus dilakukan dengan cepat agar ayam aduan dapat kembali pulih, sehat dan fit seperti sediakala agar dapat dilatih dan dipersiapkan kembali untuk bertarung.

    Tips merawat luka dan pemulihan ayam aduan setelah berlaga adalah sebagai berikut :
    Perawatan Luka Luar
    Luka luar pada ayam aduan terlebih dahulu dibersihkan dengan antiseptik seperti Revanol atau Yodium, Obat Merah dan Betadine. Dapat juga dibersihkan dengan minyak tanah atau bensin. Selain minyak tanah atau bensin bisa menggunakan Abothil atau Medisio yang sekarang ini banyak dijual di toko pakan ayam.

    Jika darah ayam aduan terus mengalir dari luka, hentikan pendarahan dengan menempelkan bubuk kopi pada luka tersebut. Jika ayam aduan terdapat luka lebar atau sobek akibat terkena pukulan atau sayatan taji, maka luka tersebut harus dijahit.

    Jika luka telah dijahit, semua permukaan luka harus diolesi dengan antibiotik alami atau obat antibiotik. Guna antibiotik adalah mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Hal ini bisa digunakan dengan antibiotik kapsul cair, bubuk atau salep seperti Oxytetracyclineatau Gentamicine.

    Yang dimaksud dengan antibiotik alami adalah Kunyit. Parutan kunyit atau gilingan kunyit dioleskan keseluruh bagian luka dan bagian tubuh yang mengalami luka memar kecil yang tidak terlihat. Pada luka yang cukup parah, pemberian salep atau kunyit dapat dilakukan 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore.

    Untuk luka parah dan luka dalam, seperti luka terkena taji sebaiknya suntikkan antibiotik cair atau amoxicillin yang dicairkan disekitar luka.

    Perawatan Luka Dalam
    Perawatan luka dalam untuk antibiotik yang bisa digunakan adalah amoxicillin ditelankan 1 tablet pada ayam aduan, yang bertujuan untuk menyembuhkan luka dalam dan mempercepat penyembuhan luka luar.

    Bahan alami yang diperlukan yaitu parutan kunyit, jahe, dan gula merah dapat diberikan untuk menyehatkan tubuh dan mengantisipasi terjadinya gangguan pencernaan seperti diare atau berak encer.

    Perawatan Paruh Rusak
    Jika paruh ayam aduan goyang atau lepas maka pasang dan rapikan kembali dengan mengaitkan benang ke jengger ayam.

    Pastikan semua nya sudah dibersihkan dan diberi kunyit atau salep. Bagaimanapun paruh yang asli harus dipasang kembali, jika tidak paruh yang baru akan bertumbuh tidak terarah dan cacat bentuknya.

    [​IMG]

    Perawatan Mata
    Jika ayam aduan terkena taji, pukulan, atau siwer berikan cairan dari cabe merah. Air cabe tersebut sangat pedas dan perih, namun akan sangat cepat untuk menyembuhkan luka pada mata ayam aduan. Dapat juga disamakan dengan pemberian salep antibiotik Oxytetracycline atau Gentamicine.

    Perawatan Otot dan Kaki
    Setelah ayam aduan selesai dalam berlaga, seluruh otot-otot ayam aduan perlu dilemaskan, dimulai dari otot leher, sayap, sampai otot paha dan kaki.

    Bagian kaki yang sangat diutamakan karena jika tidak dilemaskan akan dikhawatirkan jika keesokan harinya ayam aduan akan kaku untuk berjalan dan dapat mengalami tedun atau turun urat.

    Untuk mengobatinya oleskan (jangan diurut) pada paha dan kaki ayam aduan secara perlahan, bahan yang digunakan yaitu parutan jahe, batang sereh, atau minyak gosok GPU/Geliga.

    Pemberian Makan
    Jika ayam aduan tidak ingin makan seperti biasa atau nafsu makan berkurang, berikan cairan dengan spet yang ujungnya diberi selang kecil atau dengan alat suntik yang jarumnya bisa dilepaskan.

    Cairan yang diberikan bisa berupa larutan gula merah, susu cair, dan ditambahkan dengan multivitamin. Selanjutnya dapat diberikan makanan yang mudah dicerna dengan cara dilolohkan.

    Penempatan Kandang
    Kandangankan ayam aduan tersendiri dan jauh dari ayam jago lainnya. Jika perlu didekatkan dengan kandang ayam babon untuk memancing gairah kenjantannya yang secara psikologis dapat mempercepat proses penyembuhannya.

    Demikianlah pembahasan mengenai Tips Perawatan & Pemulihan Ayam Aduan Setelah Berlaga, semoga dapat bermanfaat bagi para pecinta Sabung Ayam.

    Baca Juga :
    Cara Mengobati Bubul Ayam Bangkok Aduan
    Kegunaan Jangkrik Untuk Memilih Anakan Ayam Bangkok
     
  2. JUARA303

    JUARA303 Member

    [​IMG]

    PROMO TERBAIK DARI KAMI :

    Bonus 100% Win 7 Kali Beruntun Sabung Ayam
    Bonus ini berlaku untuk semua member jika anda menang 7 kali beruntun bermain sabung ayam.
    Contoh:
    Partai No 1 Bet Rp 50.000 Meron Win
    Partai No 2 Bet Rp 50.000 Wala Win
    Partai No 3 Bet Rp 50.000 Wala Win
    Partai No 4 Bet Rp 50.000 Meron Win
    Partai No 5 Bet Rp 30.000 Meron Win
    Partai No 6 Bet Rp 20.000 Meron Win
    Maka total bonus yang berhak anda claim adalah Rp 250.000.
    Minimal bet Rp 20.000 berlaku semua arena.
    Maximal Bonus yang di berikan adalah Rp 300.000.
    Bonus ini hanya berlaku 1 kali sehari, perhitungan bonus ini di mulai pada pukul 07:00 WIB – 06:59 WIB.
    Batas waktu klaim hanya diberikan 1 x 24 jam.
    Bonus akan di angap sah jika taruhan anda tidak terdapat BDD dan FTD.
    Bonus tidak berlaku untuk kesamaan data IP address, Nama Rekening dan data lainnya.
    Klaim Bonus dapat di proseskan jika member sudah mencantumkan ID, tiket awal dan tiket akhir saja.



    Untuk keterangan lebih lanjut bisa di tanyakan langsung ke Team Support JUARA303 yang siap membantu anda 24 jam melalui layanan service yang tersedia.
    CUSTOMER SUPPORT
    Telp / WhatsApp / SMS : +855 1181 9973
    PIN BBM : D1F8DC39
    WeChat / Line : JUARA303
     

Share This Page