Penyakit Ayam Bangkok Yang Mematikan & Cara Mengobatinya

Discussion in 'Pengobatan' started by Master303, Aug 2, 2017.

  1. Master303

    Master303 New Member

    Beragam Penyakit Ayam Bangkok Kesayangan Yang Sering Terjadi Yaitu Penyakit Bubul, Kurap, Kutilan, Ngorok, Flu, Pilek, Mencret, dan Penyakit Terkena Bakteri Atau Virus Ganas Seperti Tetelo dan Flu Burung.

    [​IMG]

    Memang semua ayam bangkok pasti tidak akan sehat terus pasti ada waktu sakit apalagi penyakit ayam bangkok aduan yang baru diadu lebih beragam lagi. Diantaranya muka serta tubuh ayam bangkok yang terkena pukulan dan taji, mata rusak, paruh patah, sayap hancur, kepala bengkak, kaki pincang, dada berair, dan lain sebagainya.

    Obat ayam bangkok yang terkena penyakit umumnya selalu ditangani dengan pengobatan alami dan tradisional yaitu menggunakan bahan-bahan dari alam. Obat ayam bangkok alami yang sering digunakan antara lain adalah kunyit, bawang putih, daun sirih, getehan dll.

    Berikut Jenis Penyakit Pada Ayam Bangkok Yang Paling Sering Ditemukan serta Pengobatannya :
    Sakit Mata
    [​IMG]

    Penyakit Ayam Bangkok yang matanya bila pagi selalu ada tahinya, berair, berbusa serta bila siang kerap dipejam. Cobalah anda amati mata Ayam Bangkok kesayangan anda kemungkinan ada cacing mata wujudnya seperti rambut namun warnanya putih agak bening, jika memang ada tetesi dengan air rendaman tembakau jadi cacingnya bakal keluar.

    Bila tidak ada cacing cobalah tetesi dengan air Daun Katuk setiap hari menjelang mau tidur selama tiga hari. Daun katuk di hancurkan serta di peras sampai keluar airnya lalu di teteskan ke mata Ayam, rasanya bakal perih. bila Anda susah mencari daun katuk bisa juga di ganti dengan gunakan air daun sirih.

    Kurap
    [​IMG]

    Bila ayam bangkok kesayangan Anda di bagian kepala nya ada bercak putih seperti gambar di atas itu tanda nya ayam aduan anda terkena penyakit kurap. Cara pengobatannya antara lain dengan memandikan ayam aduan dengan air rebus daun sirih kemudian keringkan. Setelah itu oleskan obat salep kulit “Albert-T” yang dijual bebas di Apotik pada bagian yang terkena kurap dengan rutin setiap hari.

    Tetelo (NCD/New Castle Disease)
    [​IMG]

    Penyakit Tetelo ini merupakan virus yang cukup mematikan untuk ayam bangkokpeliharaan. Apabila ayam aduan yang terkena penyakit Tetelo (NCD / New Castle Disease) mati segeralah di bakar / dibuang lalu pisahkan ayam yang sakit untuk mencegah terjadinya penularan lagi dan lakukan Vaksin NCD.

    Gejala penyakit Telelo (NCD / New Castle Disease) antara lain ayam sulit untuk bernafas, bersin, timbul bunyi ngorok, lesu, mata mengantuk, sapa terkulai, tinja encer dengan warna kehijauan, kepala memutar-mutar tidak menentu dan lumpuh.

    Saluran Pernafasan (Bronkitis)
    [​IMG]

    Jenis penyakit yang satu ini dapat di katakan dapat menyerang di umur kapan saja, baik ayam bibit ataupun ayam yang telah dewasa. jenis penyakit ini dapat sangat menular. ciri dan tanda-tanda ayam bangkok diserang jenis penyakit bronkitis di tandai dengan tubuh ayam tampak lesu, bulu kotor serta kusam, ayam gemetar, sesak nafas, batuk, sisi lehernya agak melintir atau memutar.

    Langkah mencegah dan penyembuhan jenis penyakit ini dengan cara memberikan pakan yang cukup mengandung gizi dan mencegah memakai satu vaksin bernama vaksin IB aktiv. dosis sesuai sama isi paket serta langkah pemberiaanya dapat kita kerjakan lewat cara meneteskan pada mata atau hidung ayam.

    Berak Darah
    [​IMG]

    Penyakit berak darah nyaris sama juga dengan penyakit berak putih dan kapur. ciri dan tanda-tanda bila ayam diserang jenis penyakit ini yaitu di tandai dengan mencret, nafsu makan mengalami penurunan, sayap mengantung kebawah, bulu ayam kusam serta ayam mengigil kedinginan. Hal untuk menghindar penyakit ini menyerang ayam lewat cara menjaga kebersihan lingkungan atau perlengkapan serta kandang ayam itu.

    Langkah menyembuhkan ayam terserang berak darah dapat dengan menggunakan obat jenis Tetra chlorine capsule yang dapat kita berikanlah lewat mulutnya atau dapat dengan juga memakai Trisula Zuco satu serbuk tablet yang penggunanya dapat kita campur dengan air minumnya. untuk dosis pemakaian dapat ikuti ketentuan dalam isi paket.

    Itulah beberapa jenis penyakit ayam bangkok yang paling sering ditemukan serta cara pengobatan nya. Baca juga artikel sabung ayam lain nya di bawah ini. Salam Master303
     

Share This Page